Kamis, 10 Mei 2012

The Canadian Government System


Sistem pemerintahan Kanada adalah parlementer yang mengikuti model dari sistem pemerintahan Inggris. Dalam proses penyelenggaraan negara, yang bertindak sebagai kepala negara adalah Ratu Inggris yang diwakilkan oleh seorang Gubernur Jenderal.Berikut ini adalah penjabaran mengenai struktur pemerintahan Negara Kanada;

  1. Badan Eksekutif

Karena Kanada menganut model pemerintahan parlementer, maka pada dasarnya pemerintah parlementer dideskripsikan dengan tidak adanya pemisahan kekuasaan yang jelas antara badan eksekutif dengan badan legislatif. Terdapat dua poin penting yang menjadi faktor-faktor keterkaitan antara badan eksekutif dan badan legislatif di Kanada. Pertama, Perdana Menteri dan Kabinet pada umumnya berasal dari badan legislatif yaitu dari House of Commons. Sehingga dapat dikatakan bahwa Perdana Menteri mempunyai dwi-fungsi yaitu sebagai pemimpin negara sekaligus sebagai perwakilan dari anggota House of Commons. Kedua, Perdana Menteri dan Kabinet tidak bisa memutuskan jalannya roda pemerintahan begitu saja karena dalam hal tersebut dukungan dan persetujuan dari House of Commons sangat berpengaruh. Jadi, dapat dikatakan bahwa badan eksekutif bergantung pada badan legislatif karena jika pemerintah tidak mendapat dukungan dari House of Commons, biasanya tidak akan bertahan lama.

Saat ini yang menjabat sebagai kepala negara di Kanada adalah Gubernur Jenderal Dacid Johnston sejak 1 oktober 2010, yang merupakan perwakilan dari Ratu Elizabeth II. Sedangkan kepala pemerintah dipegang oleh Perdana Menteri Stephen Joseph Harper sejak 6 februari 2006. Gubernur Jenderal di Kanada diangkat oleh Raja atas saran dari Perdana Menteri dan dengan masa jabatan lima tahun. Kepala negara mempunyai peranan penting yang pada umumnya mencakup kelangsungan dan legitimasi dari lembaga-lembaga pemerintahan lainnya. Perbedaan antara kepala negara dan kepala pemerintahan di Kanada adalah kepala negara hanya sebagai simbolik sedangkan kepala pemerintahan yang bertanggung jawab atas jalanya proses penyelenggaraan negara. Hal ini dapat dilihat dari[1] :

· Wajah Raja muncul pada mata uang Kanada.

· Tanah milik publik dan perusahaan di Kanada yang disebut sebagai "tanah       Crown" melambangkan kepemilikan dan digunakan oleh negara

· Oposisi Resmi di House of Commons disebut sebagai "Her Majesty's Loyal Oposisi". Kritik pemerintah demikian melegitimasi atas nama monarki.

· Unit militer Kanada dan peralatan militer sering menggunakan simbolisme monarki. Contohnya, semua kapal angkatan laut Kanada memiliki simbol "HMCS" untuk melambangkan posisi kedua yaitu Raja sebagai Panglima Angkatan Bersenjata Kanada, serta peran militer dalam melindungi kepentingan nasional di dalam negeri dan luar negeri.

Selain itu adapun tugas-tugas dari Gubernur Jenderal adalah :

    • Menunjuk para pejabat-pejabat pemerintah.
    • Menunjuk Kepala Staf Militer atas rekomendasi dari Perdana Menteri.
    • Mengatur pelaksanaan pemilu atas nama Raja Kanada yang dimulai dari pengaturan tanggal dan waktu ketika Parlemen baru akan resmi dipanggil dan kapan anggotanya akan duduk untuk pertama kalinya.
    • Memiliki kekuasaan untuk membubarkan parlemen atas nama Raja.


  1. Badan Legislatif

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, di Kanada badan legislatif mempunyai peran yang dapat dikatakan mendominasi pemerintahan. Parlemen Kanada memiliki dua rumah yaitu House of Commons dan Senat. Berikut uraiannya:

v  House of Commons

Merupakan badan legislatif utama dalam parlemen Kanada yang terdiri dari wakil-wakil yang dipilih melalui pemilu yang diselenggarakan lima tahun sekali. Adapun jumlah anggota dari House of Commons adalah 308 orang. Pada umunya, para menteri dalam Kabinet dipilih dari anggota House of Commons terpilih. Selain itu menyangkut permasalahan konstitusi, rancangan undang-undang harus disetujui oleh House of Commons dengan suara mayoritas. Tanggal 14 oktober 2008 lalu merupakan pemilu terakhir yang diselenggarakan untuk memilih anggota House of Commons, dan pemilu selanjutnya akan diadakan pada tahun 2012.

v  Senat

Adapun jumlah anggota senat adalah 105 orang yang dipilih oleh Gubernur Jenderal atas saran dari Perdana Menteri. Senat juga memainkan peran yang cukup penting dalam parlemen. Rancangan undang-undang juga harus melalui persetujuan dari senat dengan suara mayoritas. Akan tetapi, pada umumnya senat secara otomatis menyetujui undang-undang yang telah disahkan oleh House of Commons. Selain itu jarang sekali para anggota kabinet dipilih dari senat dan juga pemerintah tidak memerlukan dukungan dari senat untuk tetap berkuasa.
 
  1. Badan Yudikatif
Badan Yudikatif di Kanada berfungsi sebagai pengawas dan pengadil terhadap pelaksanaan hukum di Kanada. Ada berbagai tingkatan dan jenis pengadilan di Kanada dan mempunyai yurisdiksi yang berbeda. Adapun uraiannya sebagai berikut:

1)      Ditingkat Provinsi

Terdapat tiga jenis pengadilan ditingkat provinsi, yaitu:

·         Pengadilan Provinsi dan Teritorial

Disebut juga pengadilan tingkat rendah dan biasanya membuat keputusan mengenai perselisihan tentang hukum provinsi serta sebagian besar mengenai tindak pidana. Setiap provinsi di Kanada memiliki pengadilan provinsi, kecuali Nuvaut.

·         Pengadilan Unggul

Pengadilan unggul memiliki yurisdiksi atas masalah hukum dan menangani kasus pidana berat, kasus perdata yang melibatkan jumlah uang yang besar dan menerima banding dari pengadilan provinsi.

·         Pengadilan Banding

Setiap provinsi dan teritori memiliki pengadilan banding. Pengadilan Banding biasanya  merupakan pengadilan tertinggi ditingkat provinsi dan terdiri dari para hakim yang lebih banyak dibandingkan dengan dua pengadilan sebelumnya.


2)      Ditingkat Federal

Terdapat empat jenis pengadilan ditingakt federal yaitu:

·         Pengadilan Federal

Menangani permasalahan yang menyangkut perselisihan antar provinsi, kekayaan intelektual serta banding dalam kasus kewarganegaraan.

·         Pengadilan Banding Federal

Sama seperti pengadilan banding ditingkat provinsi, dan mempunyai sistem tiga panel hakim yaitu para hakimnya berasal dari tiga provinsi yang berbeda.

·         Pengadilan Khusus

Pengadilan yang mengkhususkan dirinya dalam satu bidang hukum saja, seperti Pengadilan Pajak yang hanya fokus pada isu-isu mengenai perpajakan saja. Dan adapula Pengadilan Tinggi Militer yang berfokus pada permasalahan yang melibatkan Kode Layanan Disiplin yang berlaku untuk semua anggota pasukan militer Kanada.

·         Mahkamah Agung

Terletak di Ottawa dan merupakan pengadilan tertinggi di Kanada. Mahkamah Agung memiliki yurisdiksi atas sengketa di setiap bidang hukum termasuk hukum konstitusi, hukum administrasi, hukum pidana, hukum perdata dan lain-lain. Mahkamah Agung terdiri dari kepala hakim dan delapan hakim anggota yang ditunjuk oleh pemerintah federal.
 
Reference

http://www.canadainternational.gc.ca/indonesia-indonesie/about-a_propos/government-gouvernement.html
https://www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/geos/ca.html
http://www.mapleleafweb.com/features/monarchy-canada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar