Selasa, 08 Mei 2012

Negara, Pemerintahan Dan Sejarah Amerika Utara

Rangkuman ini berisi penjelasan mengenai negara dan pemerintahan, mulai dari definisi, teori tentang Negara dan pemerintah.Selain itu juga dibahas mengenai latar belakang sejarah Amerika Utara.Sumber referensi dari rangkuman ini adalah buku karangan Wallace S.Sayre yang berjudul,”American Government Fifteenth Edition.”

A. Negara

Berdasarkan Konvensi Montevideo tahun 1933, kharakteristik suatu Negara adalah :

• Memiliki A Defined Territory atau wilayah yang pasti
• Memiliki A Permanent Populity atau penduduk yang tetap
• Memiliki Government atau pemerintah
• Memiliki kemampuan untuk melakukan hubungan dengan Negara lain

Hal itu merupakan syarat berdirinya sebuah negara.Berikut ini adalah teori-teori mengenai asal-uasul terbentuknya sebuah negara , diantaranya :

1) Divine Rights Theory

Teori ini menyatakan bahwa raja atau kaisar merupakan wakil Tuhan di dunia.Teori cukup terkenal pada abad pertengahan dan mendukung system monarki dalam waktu yang cukup lama.

2) Governmental Contract Theory

Teori ini diperkenalkan oleh penulis Perancis pada abad ke-8.Teori ini menyatakan bahwa Negara tercipta karena hasil dari kesepakatan antara pemimpin dengan rakyat.Teori ini juga menjadi dasar dari Deklarasi kemerdekaan Amerika.

3) Force Theory

Teori ini menyatakan bahwa Negara terbentuk karena kaum yang lemah ditaklukan oleh kaum yang kuat dan akhirnya bersama-sama mendirikan sebuah Negara.

Jadi, secara umum Negara adalah suatu wilayah yang pasti dan didalamnya terdapat penduduk yang permanen serta diperintah oleh beberapa pejabat Negara untuk mencapai tujuan dari Negara tersebut.





B. Pemerintahan

Pemerintahan adalah perbuatan memerintah yang dilakukan oleh badan-badan pemerintah di suatu negara dalam rangka mencapai tujuan negara.Meskipun antara Negara dan pemerintahan sering diartikan sama, namun sebenarnya berbeda.Adapun perbedaan antar Negara dengan pemerintahan adalah sebagai berikut :

• Negara mencakup semua penduduk sedangkan pemerintah hanya mencakup sebagian kecil saja.
• Negara bersifat kekal sedangkan pemerintah cenderung berubah.
• Negara berhubungan dengan organ tertinggi dan kedudukan masing-masing organ tersebut dalam kekuasaan Negara, sedangkan pemerintahan melukiskan bagaimana organ-organ tersebut bekerja dan mengikuti peraturan yang telah ditetapkan.

Meskipun terdapat point-point yang berbeda, namun keduanya saling membutuhkan untuk mencapai tujuan.


C. Sejarah Perkembangan Amerika Utara

Pada awalnya, para penjelajah seperti bangsa spanyol dan portugis melakukan pelayaran mengelilingi dunia hingga tiba di sebuah daratan baru yang mereka sebut “Dunia Baru”.Saat itu daratan Eropa sedang mengalami masa sulit karena perang yang terus terjadi dalam waktu yang lama, sehingga banyak dari mereka yang ingin mencari freedom dan meninggalkan Eropa.Saat yang dinantikan tiba, mereka menemukan sebuah wilayah baru yang kaya sumber daya alamnya, tapi belum banyak penduduknya.

Karena berita tentang ditemukannya dunia baru telah tersebar luas di Eropa, maka sebagan besar dari mereka pergi ke dunia baru dan bermukim disana.Penduduk asli dari dunia baru ini, menyambut kedatangan mereka dengan baik dan memberikan sebagian wilayah untuk pemukiman para pendatang tersebut.

Banyaknya para pendatang dari Eropa ke dunia baru malah menimbulkan banyak masalah, diantaranya :

• Wilayah pemukiman penduduk lokal mulai direbut oleh para pendatang
• Para pendatang yang datang ke dunia baru membawa penyakit yang menulari banyak penduduk local.
• Banyak yang penduduk local yang tewas akibat perebutan wilayah mereka oleh para pendatang.

Banyaknya para penjelajah eropa yang datang dan bermukim di Amerika seperti Spanyol, Portugis, Inggris, Perancis dan lain-lain membawa dampak bagi perkembangan Amerika.Misalnya saja seperti sistem politik dan pemerintahan di Amerika yang merupakan adaptasi dari sistem politik Eropa.




Reference

Budiardjo, Miriam.2008.Dasar-Dasar Ilmu Politik Edisi Revisi.Jakarta:Gramedia Pustaka Utama

Budiyanto.2006.Pendidikan Kewarganegaraan.Jakarta:Erlangga
http://tasarkasum.blogspot.com/2006/12/teori-asal-usul-negara.html
Sayre, S Wallace.1962.American Government Fifteenth Edition.New York:BARNES & NOBLE, INC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar