Kamis, 10 Mei 2012

MIGRASI INTERNASIONAL


MIGRASI INTERNASIONAL
BAB II
SIAPA YANG MELAKUKAN MIGRASI?

Seolah-olah menjawab pertanyaan ‘siapa yang melakukan migrasi?’ jawabannya sangat mudah: kebanyakan negara-negara telah mengadopsi pengertian Perserikatan Bangsa-Bangsa dimana seseorang dapat hidup di luar negara mereka selama satu tahun atau lebih. Tapi, pada kenyataanya, jawaban dari pertanyaan tersebut ternyata lebih rumit. Pertama, konsep ‘migran’ lebih mencakup berbagai penduduk dari berbagai perubahan situasi. Kedua, sangat sulit untuk mengetahui jumlah migran yang sebenarnya dan menetapkan berapa lama mereka telah berada di luar negeri. Ketiga, sama kedudukannya seperti penjelasan ketika seseorang menjadi seorang migran yang mana menjelaskan kapan mereka berhenti sebagai seorang migran. Salah satu cara untuk  menjadi seorang migran adalah dengan menjadi warga negara baru dan melakukan cara yang mengatur tranformasi penting ynag bervariasi. Terakhir, adanya pengusulan sebagai akibat dari globalisasi, dimana zaman sekarang ada jenis ‘migran’ yang baru dengan ciri khas yang baru, yang menggambarkan sebagai bagian dari masyarakat transnasional.

Kelompok-kelompok Migran
Ada tiga cara utama untuk mengelompokkan jumlah migran luar negeri pada umumnya. Perbedaan yang umum pertama-tama adalah perbedaan antara ‘suka rela’ dari para migran. Terakhir adalah orang-orang yang telah dipaksa untuk meninggalkan negara mereka sendiri untuk yang lain, karena konflik, penganiayaan, atau karena alasan lingkungan seperti kekeringan atau kelaparan. Orang-orang ini biasanya digambarkan sebagai pengungsi, meskipun pada kenyataannya istilah pengungsi memiliki makna yang sangat khusus, dan tidak mencakup semua migran yang dipaksa. Menurut Kantor Komisaris Tinggi PBB bagi Pengungsi (UNHCR) ada sekitar 9 juta pengungsi di seluruh dunia. Seperti kita lihat pada permulaan Bab 1, para migran jauh lebih banyak saat ini yang telah meninggalkan negara mereka secara sukarela - mungkin 190 juta.
Perbedaan kedua, sering dihubungkan antara orang yang pindah karena alasan politik maupun yang pindah karena alasan ekonomi. Yang pertama biasanya para pengungsi - masyarakat yang telah diwajibkan untuk keluar karena penganiayaan politik atau konflik. Yang terakhir biasanya digambarkan sebagai tenaga kerja migran - dalam kata lain masyarakat yang pindah untuk mencari pekerjaan, atau kesempatan kerja yang lebih baik dan lingkungan kerja. Mereka pada gilirannya lebih sering diklasifikasikan sebagai ahli yang cekatan dan terampil. Di antara keduanya migran ekonomi dan politik ada juga masyarakat yang berpindah terutama karena apa yang bisa dianggap sebagai alasan sosial. Umumnya adalah perempuan dan anak-anak yang mengikuti suami mereka yang telah bekerja di luar negeri melalui proses reuni keluarga. Perlu menegaskan kembali, pada saat yang sama, yang meningkatkan proporsi migran perempuan saat ini bergerak secara bebas dan untuk alasan ekonomi.
Perbedaan terakhir adalah antara sah dan tidak sahnya para pendatang / migran -  meskipun seperti yang akan kita lihat pada Bab 5 istilah ‘tidak teratur’  mungkin lebih tepat dan mungkin lebuih rendah daripada istilah ‘tidak sah’ metika berbicara mengenai migran. Konsep 'tidak teratur' para migran mencakup berbagai macam orang, terutama migran yang masuk ke suatu negara baik tanpa dokumen atau dengan dokumen palsu, atau migran yang masuk secara resmi tapi kemudian tinggal setelah visa mereka atau izin kerja telah berakhir. Sebagaimana dijelaskan di bawah ini, lebih atau kurang mungkin untuk menyebutkan lebih tepat para migran tidak teratur di seluruh dunia, tetapi yang pasti adalah bahwa jauh lebih banyak para migran  yang resmi daripada yang tidak resmi.
Para Migran yang Sangat Terampil
Sebagian pertumbuhan orang-orang yang bergerak untuk alasan yang pada umumnya adalah ekonomi sekarang diklasifikasikan sebagai migran yang sangat terampil. Seringkali gerakan mereka difasilitasi oleh sistem visa terpilih yang mengalokasikan poin sesuai dengan pendidikan dan kualifikasi pendaftar. Suatu jenis tertentu dari migran sangat terampil antar-pengirim perusahaan yaitu, orang yang bergerak secara internasional tetapi dalam perusahaan yang sama. Seluruh dunia tersedia juga suatu gerakan internasional yang penting serta dari mahasiswa, dan mereka sering juga termasuk dalam kategori migran yang sangat terampil.
Penggolongan selalu mempermudah kenyataan, dan ini berlaku untuk penggolongan migrasi dimana setidaknya ada tiga cara. Pertama ada beberapa tumpang tindih antara penggolongan yang berbeda.  Sebagian besar migran sukarela adalah merupakan bagian migran ekonomi dan kebanyakan migran yang dipaksa adalah migran politik atau pengungsi.
Kedua, perbedaan yang tajam antara pendatang ditarik dalam penggolongan yang masing-masing seringkali lebih kabur pada kenyataannya. Migrasi Sangat sedikit, misalnya, adalah murni sukarela atau paksa. Banyak perusahaan besar, misalnya, pertimbangkan untuk memindahkan staf antara kantor internasional untuk menjadi bagian dari pelatihan mereka. IBM dari New York ke Tokyo seolah-olah berpindah secara sukarela, mereka mungkin tidak memiliki pilihan jika mereka ingin mempertahankan pekerjaan mereka dengan perusahaannya. Di sisi lain, bahkan pengungsi memiliki pilihan lain selain untuk meninggalkan negara mereka sendiri, misalnya, tinggal dan mengambil resiko bahwa mereka dapat terhindar dari jebakan dalam konflik, atau berpindah di dalam negeri mereka sendiri ke desa tetangga atau kota, atau membawa konflik di dalamnya.
Perpindahan yang sama berlaku untuk perbedaan antara migrasi ekonomi dan politik. Pertimbangkan kasus seseorang yang meninggalkan rumah mereka karena mereka kehilangan pekerjaan mereka. Sekilas mereka berpindah karena alasan ekonomi. Tetapi bagaimana jika mereka telah kehilangan pekerjaan mereka karena ras atau agama atau gender? Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa mereka melarikan diri karena alasan politik. Tantangan analisis tersebut adalah untuk membedakan antara penyebab migrasi dengan pencetus langsungnya.
Ketiga, poin terkait, adalah bahwa individu-individu secara efektif dapat 'mengubah' dari satu jenis migran lain dalam berbagai penggolongani. Sebuah migran yg resmil bisa memperpanjang izin kerjanya dan dengan demikian menjadi diklasifikasikan sebagai migran tidak teratur. Pada tahun 2005 terdapat hampir 50.000 visa melebihi di Australia, menurut perkiraan pemerintah. Atau seseorang yang mungkin meninggalkan negaranya secara sukarela tetapi kemudian tidak dapat kembali, sebagai akibat dari awal konflik atau perubahan pemerintahan, dan dengan demikian secara efektif menjadi migran spontan, dipaksa untuk tinggal di luar negara mereka sendiri.

Apa yang dimaksud dengan statistik?
Alasan lain yang sangat sulit untuk menjawab pertanyaan migran adalah karena sulit untuk menghitung jumlah migran. Sebagai contoh pada kasus Inggris. Ada tiga observasi yang sangat penting untuk membuat mengenai statistik tentang migrasi di Inggris. Pertama, statistik migrasi resmi tidak dapat memberikan gambaran yang lengkap dari migrasi internasional di Inggris. Untuk menempatkan ini agak lebih blak-blakan, bahkan pemerintah tidak dapat menyatakan dengan yakin berapa banyak orang yang masuk atau meninggalkan negara setiap tahun. Alasan yang paling jelas adalah bahwa statistik migrasi resmi tidak termasuk migran tidak teratur. Statistik migran ilegal di Inggris tidak lebih dari dugaan
Kedua, ada reservasi penting seputar statistik tentang migrasi bahwa pemerintah tidak mencatat. Kebanyakan statistik diterbitkan pada migrasi ke dalam dan keluar dari Inggris didasarkan pada Survei Penumpang Internasional (SPI). Ini adalah survei sampel kecil dari sekitar 2.200 orang yang dilakukan di laut dan bandara. Penumpang diwawancarai tentang niat mereka tinggal di Inggris (atau tinggal di luar negeri). Mereka yang berniat untuk tinggal di dalam atau di luar Inggris selama satu tahun atau lebih, setelah tinggal di luar negeri atau di Inggris selama satu tahun atau lebih, dihitung sebagai migran. Satu masalah hanya mencakup: sebagian kecil dari populasi diwawancarai dan hasilnya diperbesar. Hal lain adalah bahwa niat orang sering berubah - mereka mungkin tetap atau mungkin tidak tinggal atau menjauh selama mereka diawasi. Penyesuaian dapat dilakukan terhadap tokoh-tokoh SPI yang mencoba untuk memperhatikan masalah tersebut.
Ada dua sumber utama lain dari data arus imigrasi di inggris. Izin kerja yang dikeluarkan mengukur masuknya pekerja, tetapi hanya dari luar Area Ekonomi Eropa (EEA) karene izin pekejaan tidak diperlukan olaeh warga negara-negara anggota EEA. Pusat statistik menunjukkan berapa banyak orang yang mengajukan perlindungan di Inggris, namun besar perawatan yang diperlukan untuk menanganinya, karena kadang-kadang mereka termasuk tanggungan (pasangan dan anak-anak) dan terkadang tidak. Alternatif indikator jumlah migran masuk Inggris termasuk survei angkatan kerja yang mencatat kebangsaan dan tempat tinggal pada satu tahun lalu, tapi hanya dilaksanakan pada sampel rumah tangga. Sensus nasional juga dicatat setahun yang lalu dan tidak mencatat kebangsaaannya dan diambil sekali setiap dekade.
Sebuah pengamatan terakhir yang benar dari statistik adalah bahwa statistik migrasi dapat disajikan dengan cara yang berbeda untuk penyampaian berbeda pesan. Pada tahun 2002 sekitar 100.000 pencari suaka tiba di Inggris. Angka ini digambarkan memang sangat negatif perihal lebih tinggi dari jumlah yang tiba di negara lain di Eropa Barat dan itu dilakukan untuk penduduk yang tiba di sebuah kota kecil seperti Cambridge setiap tahun. Atau mungkin dengan jumlah migran yang tiba di UK setiap tahun, dimana pencari suaka sebenarnya merupakan suatu proporsi yang relatif kecil. Jika masalah diatas ditemukan di Inggris, sebuah pulau kecil dengan salah satu perekonomian paling maju didunia, bayangkan betapa sulit untuk menghitung migran ditempat lain : di negara-negara miskin yang tidak memiliki keterampilan atau keahlian yang diperukan untuk memantau perbatasan wilayahnya.

Kembalinya Migrasi
Kembali ke rumah atau negara asal adalah salah satu cara orang untuk berhenti menjadi migran meskipun sering kali setelah mereka kembali ke rumah orang memelihara unsur praktek-praktek baru dan mereka yang telah mengembangkan identitas luar negeri. Tidak ada estimasi global pada skala pengembalian migrasi meskipun sebagian besar ahli percaya bahwa itu adalah substansial. Terdapat banyak masalah umum yang seringkali terjadi mengenai karakteristik pada data migrasi internasional adalah kesulitan dalam mengukur dimensi waktu migrasi, tidak konsistensi dalam pencatatan perubahan tempat tinggal dan kurangnya konsesus mengenai definisi kewarganegaraan.
Sebuah masalah tertentu adalah bahwa pengukuran migrasi balik secara tradisional tidak menjadi prioritas baik dinegara asal atau di negara tuan rumah, seperti tidak diaturnya negara dianggap sebagai masalah dalam cara yang sama yang sering dimiliki emigrasi dan imigrasi warga negara dan non negara. Bahkan dimana tuan rumah dan negara asal tidak mengaku telah dicatat kembali. Bisa terjadi perbedaan yang signifikan dalam estimasi mereka. Seperti contoh yang dikutip dalam sebuah artikel pada migrasi kembali melanggar tanah oleh Russel King adalah bahwa selama tahun 1970-an data Jerman pada repatriasi melebihi statistik Italia pada migrasi balik dari Jerman dengan faktor setidaknya dua. Ini sebagai alasan untuk semacam idak konsistensinya bisa dipetik dri contoh yang lebih baru dari Polandia dimana migrasi kembali slama 1990 adalah substansial tetapi tetap terhitung dalam statistik resmi, hanya karena imigran Polandia paling selama tahun 1980-an pergi tanpa mendaftar sebagai imigran. Demikian pula, di Turki tidak ada lembaga yang merekam data dalam kaitannya dengan migrasi Tu kembalinya pekerja imigran dan perkiraan kembali hanya bergantung pada data yang dikumpulkan di negara tuan rumah.
Dampak tertentu pada masa lalu telah kembalinya 'etnis warga negara' setelah perubahan politik di bekas Uni Soviet dan Eropa Tengah dan Timur. Yang paling signifikankembali berasal dari bekas Uni Soviet selama 1990-an. Antara mengalir kembali adalah: 5,4 juta etnis Rusia (kembali dariSoviet negara di Baltik dan Asia Tengah ke Rusia) antara 1990 dan 1995; 290.000 Ukraina pada tahun 1992; 240.000 Tatar Krimea untuk oleh April 1996, 10.000 orang asal Latvia; 15.000 Finlandia antara tahun 1990 dan 1996; 2 juta etnis Jerman (Aussiedler) antara tahun 1987, dan 1994 dan 6.000 orang Yunani Pontian pada tahun 1996.

Dari migran menjadi warga negara
Cara lain adalah melalui migrasi dari migran menjadi warga negara di negara baru. Di beberapa negara hal seperti ini relatif mudah terjadi dengan proses yang cepat, memang tidak semua tetapi sedikitnya terjadi. Penjelasan untuk variasi ini kurang untuk melakukan dengan karakteristik migran itu sendiri dibandingkan dengan sejarah, ideologi dan struktur negra-negara yang terlibat.
Hukum kewarganegaraan dan kebangsaan merupakan dua prinsip-prinsip alternatif. Salah satunya adalah ius sanguinis (hukum darah), dalam rangka untuk menjadi warga negara harus diturunkan dari warga negara yang bersangkutan. Prinsip alternatif yang lain dikenal dengan Solis ius (hukum tanah), yang berdasarkan kelahiran diwilayah negara.
Dalam prakteknya, semua negara-negara modern memiliki aturan kewarganegaraan berdasarkan kombinasi dari kedua prinsip (Israel adalah pengecualian), meskipun satu atau yang lain cenderung menjadi dominan (Tabel 2.1). Jerman, misalnya, luas mengikuti prinsip ius sanguinis sampai perubahan kebijakan pada tahun 2000. Hal ini menjelaskan mengapa bahkan anak-anak dan cucu pasca perang imigran dari Turki, yang lahir dan dibesarkan di Jerman, telah secara tradisional telah dikeluarkan dari kewarganegaraan Jerman. Hal yang sama menjelaskan mengapa, selama reunifikasi Jerman, orang orang yang keluarganya telah tinggal di luar Jerman untuk sejumlah generasi, terutama di Eropa Timur atau Uni Soviet, secara otomatis kewarganegaraan Jerman. Sebaliknya, Australia, Kanada, Inggris, dan Amerika Serikat, misalnya, luas mengikuti prinsip ius Solis, sehingga setiap anak yang lahir dari seorang imigran hukum di negara yang otomatis berhak untuk kewarganegaraan sana. Apapun yang mendasari
prinsip untuk memperoleh kewarganegaraan, kebanyakan negara juga mengizinkan migran untuk menjadi naturalisasi setelah penduduk legal untuk jumlah tahun tertentu: prinsip domisili ius.
Jumlah tahun sangat bervariasi, dari hanya tiga tahun di Australia dan Kanada untuk sepuluh tahun di Austria dan Jerman.
Tidak hanya aturan yang mengatur perolehan kewarganegaraan antar negara yang bervariasi, demikian juga dengan kriteria kewarganegaraan. Beberapa negara misalnya, izin kewarganegaraan ganda dan tidak bersikeras bahwa imigran meninggalkan kebangsaaan asli di negaranya untuk menjadi warga negara dari negara baru. Sebagaimana akan kita lihat pada bagian berikutnya, pertumbuhan ganda dan bahkan kebangsaan triple satu alasan untuk munculnya transnasionalisme antara beberapa komunitas migran.
Selain itu, di beberapa negara, kewarganegaraan penuh hanya dapat diperoleh
dengan harga asimilasi budaya, sementara negara-negara lainnya memungkinkan
baru warga untuk mempertahankan identitas budaya mereka yang berbeda. ini
hasil muncul dari dua model yang bersaing integrasi. Asimilasi adalah salah satu model, yang merupakan proses satu sisi dimana migran diharapkan untuk menyerah linguistik khas mereka,
Tabel 2.1 Kewarganegaraan aturan di negara tertentu

Negara
Prinsip Pokok Kewarganegaraan
Periode tinggal selama Naturalisasi
Kebangsaan Ganda yang di izinkan

Australia

Austria

Belgia

Kanada

Perancis

Jerman


Israel


Netherlands

Swedia

UK

USA

Kombinasi

Ius Sanguinis

Kombinasi

Ius Soli

Ius Sanguinis

Ius Sanguinis
(Hingga 2000)

Terbuka utk stiap pndduk yahudi

Ius Sanguinis

Ius Sanguinis

Kombinasi

Ius Soli

3 Tahun

10 Tahun

5 Tahun

3 Tahun

5 Tahunn

10 tahun


0


5 Tahun

5 Tahun

5 Tahun

5 Tahun

Ya

Tidak

Ya

Ya

Ya

Tidak


Ya


Ya

Tidak

Ya

Ya


Budaya, dan sosial karakteristik dan menjadi tidak bisa dibedakan dari penduduk mayoritas. Secara Prancis mengikuti model ini. Alternatif utama adalah multikulturalisme yang mengacu pada pengembangan populasi imigran ke dalam masyarakat etnis yang tetap dibedakan dari penduduk mayoritas dengan berkaitan dengan bahasa, budaya, dan perilaku sosial. Australia, Kanada, Belanda, Inggris, dan Amerika Serikat semua variasi ikuti pada model ini.
Apa itu integrasi?
Integrasi bisa didefinisikan sebagai proses dimana imigran diterima ke dalam masyarakat, baik sebagai individu ataupun kelompok. Komisi Global Internasional Migrasi integrasi dianggap sebagai 'pross multi dimensi jangka panjang, dan  membutuhkan komitmen pada bagian dari kedua anggota masyarakat migran dan non-migran untuk menghormati dan beradaptasi satu sama lain, sehingga memungkinkan mereka untuk berinteraksi dalam cara yang positif dan damai '(Migrasi di Dunia yang terinterkoneksi (GCIM, 2005, 44).

Migran, diaspora, dan komunitas transnasional
Bisa dibilang sama pentingnya dengan bagaimana struktur formal atau host
masyarakat mendefinisikan siapa yang bisa dan tidak seorang migran adalah rasa identitas migran sendiri. Ada sejumlah tulisan di topik ini dalam beberapa tahun terakhir, fokus secara khusus pada dua konsep: transnasionalisme dan diaspora. Kedua konsep ini kompleks dan diperebutkan, dan didefinisikan di sini dalam hal yang sederhana mungkin.
Istilah Diaspora memiliki konotasi klasik dan telah normal digunakan untuk merujuk kepada eksodus Yahudi berikut kehancuran Bait Suci Kedua di 586 bc. Baru-baru ini konsep itu juga kadang-kadang diterapkan pada budak Afrika dan Armenia yang melarikan diri dari pembantaian yang dilakukan oleh Ottoman Kekaisaran selama dan setelah Perang Dunia Pertama. Pengalaman tersebut telah di umum adalah skala besar sukarela pemindahan dan ketidakmampuan untuk kembali ke rumah, ditambah dengan besar kerinduan untuk melakukannya.
Untuk berbagai tingkat karakteristik ini telah diidentifikasi dalam Gerakan yang lebih terkini, dan telah ada kebangkitan dalam penggunaan konsep diaspora. Menurut teori Gabriel Sheffer di diaspora Modern di Politik Internasional (1986): 'Diaspora modern adalah kelompok asal etnis minoritas migran berada dan bertindak di negara tuan rumah tetapi menjaga yang kuat sentimental dan bahan hubungan dengan negara asal mereka - mereka tanah air '(hal. 3). Beberapa kritikus merasa bahwa konsep yang digunakan sekarang ini terlalu fleksibel, untuk diterapkan pada hampir semua kelompok migran di setiap situasi. Sebagaimana akan kita lihat pada Bab 4, misalnya, sekarang umum digunakan dalam konteks kelompok migran yang membuat materi kontribusi bagi pengembangan negara mereka asal.



'Baru' diaspora Afrika
Mengingat bahwa budak Afrika terdiri salah satu dari beberapa kelompok untuk konsep diaspora yang secara tradisional diterapkan, yang menarik sekarang adalah sedang diadopsi oleh Afrika migran yang lebih baru untuk menggambarkan diri mereka sendiri dan organisasi mereka. Selama penelitian di antara komunitas Afrika berbagai London, salah satu pertanyaan saya adalah mengapa mereka menggunakan panjang. Tiga alasan muncul. Salah satunya adalah persepsi pada bagian dari masyarakat bahwa ada konotasi negatif lebih sedikit saat ini terkait dengan diaspora panjang daripada dengan 'imigran' istilah, 'pengungsi', atau 'pencari suaka-'. Mungkin sebagai akibat dari lama hubungannya dengan penyebaran Yahudi dan budak Afrika, istilah belum diadopsi dengan cara menghina. Kedua, untuk setidaknya beberapa istilah masyarakat tampaknya 'motivasi diri'. Diaspora adalah menjadi 'kata kunci' agak seperti globalisasi, dan untuk beberapa komunitas itu tampaknya memiliki konotasi yang mereka tertarik untuk berhubungan. Akhirnya, setidaknya beberapa komunitas, ada perasaan bahwa pengalaman mereka dalam beberapa cara membandingkan orang-orang dari diaspora asli – yang mereka juga adalah korban, seperti yang tersebar Yahudi dan budak Afrika.
Sebuah konsep yang terkait adalah bahwa dari 'komunitas transnasional'. dalam sangat Secara sederhana, idenya adalah bahwa beberapa migran telah mulai hidup 'di antara 'negara. Mereka mempertahankan berkelanjutan sosial, ekonomi, dan politik kontak dengan orang dan tempat di negara asal mereka yang melampaui batas nasional. Menurut migrasi terkemuka Alejandro Portes sarjana (di Review Migrasi Internasional, 31 (1997)), masyarakat transnasional terdiri Padat jaringan lintas batas politik yang diciptakan oleh imigran di mereka pencarian untuk kemajuan ekonomi dan pengakuan sosial. Melalui jaringan ini, peningkatan jumlah orang yang mampu hidup ganda. Peserta sering bilingual, bergerak dengan mudah antara budaya, sering menjaga rumah di dua negara, dan mengejar ekonomi, politik dan budaya kepentingan yang membutuhkan kehadiran mereka di kedua.
Implikasinya, orang-orang ini mulai melepaskan diri dari kungkungan definisi politik seperti imigran atau warga negara. Stephen Castles, salah satu ulama terkemuka di dunia migrasi, menganggap implikasi untuk kewarganegaraan transnasionalisme sebagai berikut (dalam R. Iredale et al. (eds), Migrasi di Asia-Pasifik (Edward Elgar, 2003)):
Transnasionalisme pasti akan menyebabkan kenaikan pesat dalam beberapa
kewarganegaraan - menciptakan fenomena yang paling ditakuti oleh kaum nasionalis berpotensi dibagi loyalitas orang dengan instrumental bukan atribut emosional terhadap keanggotaan negara. Para pertumbuhan transnasionalisme mungkin dalam jangka panjang menyebabkan pemikiran ulang isi sangat kewarganegaraan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar