Selasa, 08 Mei 2012

The National Administration of U.S.A


Untuk membantu pelaksanaan penyelenggaraan negara, Presiden membutuhkan grup atau formal disebut kabinet yang membantunya.Adapun unit-unit yang didirikan sejak tahun 1939 ini, terdiri dari :

1)      White House

Sejak pengaturan pola administrasi oleh F.D. Roosevelt, fungsi dan tingkat kepentingan dari Staff White House telah mengalami pertumbuhan yang signifikan.Contohnya ; salah satu tugas dari Staff White House adalah  untuk melakukan hubungan terhadap media massa seperti pengklarfikasian kebijakan yang diambil Presiden sebagai kepala negara.

2)      Bureau of The Budget

Didirikan tahun 1921 dan berada dibawah pengawasan presiden secara langsung sejak 1939.Tugasnya adalah meriview dan menganalisis semua proposal yang diajukan oleh badan legislatif, melakukan progress dari program kerja Presiden dan lain-lain.

3)      Council of Economic Advisers

Didirikan tahun 1946 oleh The Employment Act.Tugasnya adalah menganalisis pertumbuhan ekonomi nasional, menafsirkan program dan kebijakan ekonomi kedepannya dan membantu presiden untuk menyiapkan laporan ekonomi untuk Kongres.

4)      National Security Council

Didirikan tahun 1947 yang bertugas untuk membantu presiden dalam urusan kesatuan seluruh negara, kebijakan militer dan melaksanakan pertahanan dan keamanan negara.

5)      Office of  Science and Technology

Didirikan tahun 1962 dan berada dibawah pengawasan presiden secara langsung, yang bertugas untuk membantu presiden dalam pengambilan kebijakan terkait dengan teknologi dan kasus-kasus yang melibatkan ilmu exacta didalamnya.Contoh: Pengembangan energi nuklir.

6)      Office of Emergency Planning

Sebelumnya bernama The Office of Civil and Defense Mobilization yang didirikan tahun 1961.Tugasnya adalah mengembangkan perencanaan-perencanaan yang akan digunakan pada saat darurat dan mengatasi usaha-usaha untuk perpindahan areal perindustrian.


Sedangkan kabinet-kabinet yang juga membantu presiden dalam melaksanakan penyelenggaraan negara, antara lain:

1)      Department of  State

Merupakan departemen eksekutif tertua dan merupakan kabinet pertama dalam jajaran badan eksekutif.Departemen ini bertanggung jawab kepada presiden untuk pengangkatan duta, konsul dan perutusan luar negeri.Tugasnya adalah mengadakan negoisasi perjanjian, melaksanakan program kebudayaan, dan bertanggung jawab terhadap segala masalah-masalah hubungan internasional.

2)      Department of  Defense

Didirikan tahun 1947 oleh The National Military setelah melakukan rekomendasi terus-menerus dengan tujuan untuk memulai pelayanan terhadap keamanan.

3)      Departement of Justice

Terdiri dari Seorang Hakim Agung, seorang Deputi Pejabat Hukum, Pengacara dan delapan Asisten Pejabat Hukum.Fungsi utamanya adalah untuk memberikan saran-saran kepada Presiden dan Departemen lainnya agar tindakam sesuai dengan hukum yang berlaku di United States of America, melakukan investigasi oleh FBI, memberikan pengampunan untuk narapidana lokal dan lain-lain.


Terdapat banyak departmen dibawah Presiden yang bertugas untuk membantu presiden dalam menjalankan tugas-tugasnya selain tiga departmen diatas.Selain departemen pembantu presiden, terdapat perusahaan milik negara.banyak pendapat-pendapat mengenai dukungan terhadap perangkat dari perusahaan milik negara jika dilihat dari beberapa keuntungan yang mungkin ada, diantaranya :

  • Memiliki tingkat kemandirian yang besar terhadap pengelolaan perekonomian

  • Para karyawan yang bekerja di dalam perusahaan milik negara tidak perlu berada dibawah layanan sipil


  • Memungkinkan untuk menuntut dan dituntut

  • Memungkinkan untuk melakukan kebijakan yang berkelanjutan.


Sejak 1901, ketika Theodore Roosevelt berkuasa di White House tidak ada administrasi yang gagal untuk memecahkan sebuah permasalahan.Terdapat laporan yang cukup terkenal yang dibuat oleh Roosevelt untuk melanjutkan program kerjanya, yaitu :

  • Menyediakan staf pembantu presiden dengan membentuk Kantor Eksekutif (Executive Office)

  • The Bureau of the Budget harus memberikan perencanaan yang jelas kepada presiden.

  • Memulihkan fungsi The General Accounting Office yaitu melakukan operasional postaudit keuangan di dalam badan eksekutif.


Lebih dari setengah abad dilakukan perombakan terhadap badan-badan pemerintahan.dan hamper seluruh struktur kepemerintahan dirubah dan dirombak agar berjalan efektif dalam membantu presiden menjalankan roda pemerintahan.




Reference

Budiyanto.2006.Pendidikan Kewarganegaraan.Jakarta:Erlangga

Sayre, S Wallace.1962.American Government Fifteenth Edition.New York:BARNES & NOBLE, INC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar