Kamis, 10 Mei 2012

MIGRASI TIDAK TERATUR


MIGRASI TIDAK TERATUR

Resume ini membahas mengenai migarasi yang tidak teratur, secara garis besar membahas mengenai seprti apa migrasi yang tidak teratur, berapa banyak migrasi yang tidak teratur, tantangan  yang dihadapi oleh migrasi yang tidak teratur teersebut, dan perdagangan manusia, penyelundupan migran. resume ini bersumber dari buku yang diterbitkan oleh Oxford university International Migration: A Very Short Introduction  yang ditulis oleh Khalid Koser.

Migran yang bergerak secara ilegal meninggalkan negara mereka sama persis seperti motivasi migran yang lainnya. Meningkatnya  jumlah migran yang pindah  secara tidak teratur bukan karena tidak  dengan cara legal tetapi adanya  pembatasanpergerakan  hukum dinegara tujuan. Dibandingkan dengan Sebelumnya banyak orang yang ingin pindah, tetapi secara proporsional peluang  legalnya lebih sedikit  bagi mereka untuk melakukannya. Kemudian bisa dilihat dalam bab ini, industri bernilai jutaan dolar telah berkembang disekitar keinginan orang untuk bergerak meskipun pembatasan hukum dalam bentuk perdagangan manusia dan penyelundupan migran.
Apakah migrasi tidak teratur  itu ?
Dalam hal ini sipenulis menggunakan istilah migran “tidak teratur” dan migrasi “tidak teratur” . segaja menghindari  kata illegal yang umum digunakan. Karna orang sering mendeskripsikan kata “illegal” itu manusia tidak bisa legal. Dengan kata lain migran adalah orang orang dan mereka memiliki hak apapupun  dalam status hukum. Kebanyakan migran teratur bukan penjahat walaupun dalam defenisi telah melanggar aturan administratif.
Dua istilah lain yang sering digunakan dalam konteks ini adalah 'tercatat' dan 'tanpa izin'. Yang pertama dihindari di sini karena ambiguitas nya. Hal ini terkadang digunakan untuk menunjukkan migran yang belum didokumentasikan (atau dicatat), dan terkadang untuk menjelaskan migran tanpa dokumen (paspor atau ijin bekerja, misalnya).  Disamping itu Di samping itu, situasi yang tidak harus berlaku bagi semua migran yang tidak teratur - banyak yang diketahui oleh pihak berwenang dan banyak yang memiliki dokumen - namun istilah 'tidak tercatat' masih sering digunakan untuk menutupi mereka semua. Demikian pula dengan migrasi tidak teratur yang tentu saja tidak sah. Migrasi tidak teratur adalah istilah yang canggung tetapi ini adalah alternatif umum yang digunakan. Migrasi tidak teratur itu sendiri merupakan konsep yang rumit dan beragam.
Yang Pertama,sangat  penting untuk mengenali bahwa ada banyak cara migran itu menjadi tidak teratur. Migrasi tidak teratur ini termasuk orang orang yang masuk kesuatu Negara tanpa otoritas yang jelas. misalnya, masuk tanpa melewati kontrol perbatasan dan dengan dokumen palsu. Hal ini juga termasuk orang yang mungkin telah memasuki Negara lain secara legal sempurna. Tapi kemudian tetap ada yang bertentangan dengan kewenangan. Misalnya, dengan masih menetap setelah berakhirnya izin visa atau izin bekerja melalui pernikahan palsu atau adopsi palsu. Istilah ini juga meliputi orang orang pindah atau penyelundup migran atau perdagangan manusia dan mereka dengan sengaja menyalahgunakan system suaka.
kedua, ada perbedaan regional yang penting dalam cara konsep migrasi tidak teratur ditetapkan. Misalnya di eropa, orang yang masuk ke eropa dikontrol secara ketat. Relatif muda untuk mengidentifikasi migran dengan system yang tidak teratur.tetapi hal ini tidak terjadi di banyak bagian afrika, dimana perbatasan berpori, kelompok etnis dan bahasa mengangkang perbatasan Negara.
Siapakah Migran Tidak Teratur ?
Pada tahun 2001, 58 orang china ditemukan tewas dibelakang truk dipelabuhan dover inggris. Dalam siaran BBC berlangsung tidak lebih satu menit mereka digambarkan sebagai migrann illegal, migran ekonomi, pencari suaka dan pengungsi. Satu satunya hal yang pasti adalah orang orang ini memasuki Negara inggris secara illegal. Hal ini di diskripsikan illegal atau tidak teratur memang akurat.  Misalnya seorang migran ekonomi adalah seorang yang telah meninggalkan Negara asalnya untuk mencari pekerjaan. Saat mereka meninggal dengan tragis tidak ada yang tahu mengapa mereka meninggalkan china Negara asalnya. Ini mungkin untuk bekerja atau menghindari penganiayaan.
Migrasi masyarakat internasional, banyak orang yang tidak memiliki bukti dari tempat mereka lahir atau bukti kewarganegaraan.  Seorang migran dapat masuk kesuatu Negara dengan cara yang tidak teratur tetapi kemudian mereka harus mengatur status mereka misalnya dengan mengajukan suaka atau mengurus program regularisasi. Sebaliknya, migran yang masuk secara teratur bisa menjadi tidak teratur ketika mereka bekerja tanpa izin atau tanpa memperpanjng visa. Sejumlah besar migran tidak teratur ada di australia . misalnya , warga inggris seringkali siswa ditahun kesenjangan tidakmemperpanjang visa mereka. 
Pencari suaka dapat menjadi migran tidak teratur ketika aplikasi mereka ditolak dan mereka tetap berada dinegara itu tanpa otoritas. Lebih umum, proporsi pertumbuhan internasional  migran jarak jauh melakukan perjalanan  yang membawa mereka dari satu bagian dunia lain, transit  melalui sejumlah Negara menuju tujuan akhir mereka.  Dalam perjalanan dari perjalanan awal  sangat mungkin bagi seorang migran untuk menyelinap  masuk  dan keluar dari ketidak aturan, sesuai dengan persyaratan visa dari Negara yang bersangkutan.

Berapa banyak migran yang tidak teratur yang ada ?
Analisis tentang migrasi tidak teratur  terhambat oleh kurangnya data yang akurat, sehingga sulit untuk mengidentifikasi dan membandingkan skala tentang fenomena ini di berbagai belahan dunia. Salah satu alasan konseptualnya adalah berbagai alasan orang yang bisa melakukan migrasi biasa kemudian beralih menjadi migrasi tidak teratur, begitu juga sebaliknya.
Alasan lain adalah metodologi. Menghitung migran tidak teratur bukanlah ilmu yang mudah. Orang-orang tanpa status reguler cenderung untuk menghindari berbicara dengan pihak berwenang karena takut terdeteksi, dan dengan demikian mereka tidak tercatat. Kebanyakan pengamat setuju bahwa mayoritas migran tidak teratur banyak yang tidak tercatat. Berbagai metode telah dicoba untuk memperkirakan jumlah migran tidak teratur, meskipun perlu ditekankan bahwa tidak satupun dari metode ini yang komprehensif. Di beberapa negara secara berkala amnesti dilakukan, dimana warga negara asing yang tinggal atau bekerja tanpa dasar hukum dapat mengatur status mereka. Survei langsung migran tidak teratur telah dicoba, meskipun aksesnya sulit. Melalui hal ini dapat diketahui perbandingan data tentang polulasi migran di lapangan dan data resmi yang tercatat.
Namun ada pengecualian untuk orang-orang yang dideportasi, juga tidak mungkin untuk menghitung berapa banyak migran yang telah kembali ke daerah asal. Penelitian telah menunjukkan bahwa anggapan tentang semua migran tidak teratur tinggal secara permanen itu adalah salah. Ini dilatar belakangi oleh kesulitan untuk mendapat uang di daerah tujuan, sehingga tidak bisa membangun rumah, biaya anak, dan melunasi hutang.
Masalah lain adalah akses ke data yang telah dikumpulkan. Di banyak negara data tentang migran tidak teratur yang telah dikumpulkan oleh penegak hukum tidak tersedia untuk umum. Informasi dan data yang dapat membentuk status migran tidak teratur sering tersebar antara lembaga yang berbeda seperti departemen pemerintah, polisi, dan pekerjaan kantor. Kerjasama internasional mengenai pengumpulan data bahkan lebih buruk. Tidak ada sumber otoritatif tentang kecenderungan global dan nomor dalam migrasi tidak teratur, dan sumber-sumber yang tersedia tidak komprehensif.
Dalam konsensus luas jumlah migran internasional telah meningkat, demikian juga hal nya dengan skala migrasi tidak teratur global. Sebagian besar perkiraan migrasi tidak teratur berada di tingkat nasional. Diperkirakan bahwa ada lebih dari 10 juta migran yang tidak teratur di Amerika Serikat, jumlahnya hampir sepertiga dari penduduk asing yang lahir di sana. Lebih dari setengah migran tidak teratur ini adalah orang Meksiko, menurut perkiraan sekitar setengah penduduk Meksiko yang lahir di Amerika Serikat, atau hampir 5 juta orang, adalah migran tidak teratur. Meskipun upaya pengawasan perbatasan telah ditingkatkan, sekitar 500.000 migran tambahan masukkan Amerika Serikat tanpa izin setiap tahunnya. Perkiraan lain bahwa ada antara 3,5 dan 5 juta migran tidak teratur di Federasi Rusia, berasal terutama di negara-negara Commonwealth of Independent States (CIS) dan Asia Tenggara. Data yang paling mengejutkan ialah ada 20 juta migran gelap diperkirakan tinggal di India hari ini.
Perkiraan lain yang disediakan pada skala regional atau global. Menurut perkiraan Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD), setidaknya 5 juta atau 10 % dari 56 juta migran Eropa pada tahun 2000 merupakan migran gelap, dan setengah juta lebih diperkirakan bertambah setiap tahun. Lebih dari 50 persen dari migran di Afrika dan Amerika Latin juga dianggap tidak teratur. Secara keseluruhan, International Pusat Pengembangan Kebijakan Migrasi telah memperkirakan bahwa 2,5 dari 4 juta migran lintas perbatasan internasional tanpa semua otorisasi setiap tahunnya. Namun demikian, ada variasi angka mengenai jumlahnya berdasarkan sumber yang berbeda.
Migrasi tidak teratur menjadi memprihatinkan, karna perkiraan menunjukkan bahwa 50 % dari semua migrasi di dunia merupakan migrasi tidak teratur. Contoh ilustratifnya adalah Inggris. Perkiraan untuk jumlah migran gelap memasuki Inggris bervariasi, bahkan estimasi tertinggi relatif Migrasi tidak teratur kecil dibandingkan dengan migrasi reguler ke Inggris. Untuk Misalnya, 120.000 mahasiswa asing datang setiap tahun dan satu lagi 200.000 datang secara sah untuk bekerja.
Hal ini juga penting untuk membedakan 'saham' dari 'aliran'. Ada beberapa
perkiraan saham migran tidak teratur, artinya mereka telah menanam ‘saham’ di negara tujuan. Banyak migran tidak teratur yang telah memiliki pekerjaan, tempat tinggal, dan bahkan memiliki anak di sekolah di negara tujuan.  Dengan kata lain mereka telah menjadi bagian terpisahkan dari masyarakat di mana mereka tinggal.
Tantanga migrasi yang tidak teratur
Dalam wacana politik dan media, migrasi tidak teratur sering digambarkan sebagai ancaman bagi kedaulatan negara. maksudnya bahwa negara memiliki hak berdaulat untuk mengontrol siapa saja yang melintasi perbatasan mereka, dengan mengurangi kontrol migran yang tidak teratur akan mengancam kedaulatan. hal berikut ini bahwa menghentikan migrasi tidak teratur merupakan hal mendasar untuk menegaskan kembali kedaulatan penuh. Dalam hal tertentu , wacana yang lebih ekstrim, migrasi tidak teratur juga dianggap sebagai ancaman bagi keamanan negara. Secara khusus, migrasi yang tidak teratur  dan pencari suaka, menunjukkan dan mungkin memberikan jalur berpotensi bagi teroris untuk mamasuki negara.
Sangatlah penting, paling pertama dari semuanya ,yaitu untuk mempertimbangkan jumlah yang terlibat. Yang melekat pada argumen bahwa migrasi tidak teratur mengancam kedaulatan negara adalah persepsi bahwa negara adalah, atau risiko, sedang 'kebanjiran' atau kewalahan oleh banyaknya jumlah migran yang tidak teratur. realitas, seperti sudah saya jelaskan, meskipun itu terjadi migrasi yang tidak teratur dalam jumlah besar, kebanyakan negara itu merupakan relatif kecil proporsi dari migrasi total.
Kedua, migran tidak teratur sering diestimasikan dengan terkontaminasi
tujuan tanpa subtansi apapun. Terutama sering sekali keduaanggapan bahwa migran tidak teratur ikut serta dalam kegiatan ilegal dan mereka berhubungan dengan penularan infeksipenyakit, terutama HIV / AIDS.
Kedua asumsi ini generalisasi besar. Beberapa migran tidak teratur (danpencari suaka) adalah para kriminal dan sebagian membawa penyakit menular - yang dihasilkan, misalnya, dari periode panjang dihabiskan di perjalanan – namun kebanyakan tidak. Salah menafsirkan bukti suatu kejahatan dan semua orang membenci migran yang tidak teratur. Hal ini dapat mendorong mereka tetap bawah tanah. Ini juga mengalihkan perhatian dari para migran yang tidak teratur yang sebenarnya adalah para kriminal dan seharusnya diadili, dan mereka yang terkena penyakit dan harus diobati.
Memfokuskan secara eksklusif pada terorisme tidak juga berarti bahwa tantangan yang sama menekan lainnya yang berhubungan dengan migrasi yang tidak teratur - untuk negara, masyarakat, dan yang lebih penting bagi migran sendiri - sering diabaikan. Memang benar bahwa migrasi yang tidak teratur dapat mengancam keamanan negara, tetapi ini sering dengan cara lain dibandingkan dengan kerjasama dengan terorisme atau melakukan tindak kekerasan. Dimana mencakup korupsi dan organisasi kriminal, migrasi tidak teratur dapat menjadi ancaman bagi keamanan masyarakat. khususnya munculnya kasus di mana masuk secara ilegal dipermudah dengan penyelundup migran dan perdagangan manusia, atau di mana kelompok kriminal bersaing untuk mengendalikan buruh para migran setelah mereka tiba.
Ketika migrasi yang yang tidak teratur mengakibatkan kompetisi untuk pekerjaan langka, dapat menimbulkan sentimen xenophobia dalam populasi tuan rumah. Yang terpenting, sentimen ini ini sering diarahkan bukan hanya pada migran dengan status yang tidak teratur, tetapi juga pada para migran dibentuk, para pengungsi, etnis minoritas. menerima banyak sekali sorotan media, migrasi yang tidak teratur juga bisa meruntuhkan kepercayaan masyarakat dalam integritas dan efektivitas sebuah migrasi negara dan kebijakan pencari suaka.
Migrasi tidak teratur demikian dapat berdampak pada kemampuan pemerintah untuk memperluas saluran migrasi teratur. Pentingnya bagi pemerintah untuk dipandang oleh warganya untuk masuk mengontrol tidak bisa diremehkan. Jika migrasi yang yang tidak teratur ada, itu tidak masuk akal bagi pemilih untuk bertanya mengapa migrasi yang semakin diperlukan.
Hal ini jelas, maka, bahwa migrasi yang tidak teratur dapat mengancam keamanan negara, meskipun hubungan yang rumit. Yang sama, Namun, migrasi tidak teratur dapat merusak keamanan manusia dari migran sendiri. Konsekuensi negatif migrasi yang tidak teratur untuk migran seringkali diremehkan. Itu dapat membahayakan nyawa mereka. Sebagian besar orang meninggal setiap tahunnya mencoba untuk menyeberangi perbatasan darat dan laut tanpa ketahuan oleh pihak berwenang.
Pernah diperkirakan, misalnya, bahwa sebanyak 2.000 migran meninggal setiap tahun mencoba untuk menyeberangi Mediterania dari Afrika ke Eropa, dan sekitar 400 orang Meksiko mati mencoba untuk menyeberangi perbatasan ke Amerika Serikat setiap tahun. Dan salah satu tidak diketahui migrasi internasional adalah seberapa banyak orang di sana yang telah meninggalkan rumah mereka namun belum mencapai tujuan yang dimaksudkan, dan seperti apa hidup mereka di negara-negara transit.
Perempuan merupakan suatu proporsi yang besar dari banyak imigran dengan status yang tidak teratur. Karena mereka dihadapkan dengan diskriminasi berdasarkan gender, migran perempuan memiliki status yang tidak teratur seringkali menerima pekerjaan sektor informal yang paling rendah. Seperti itu dapat tingkat penyalahgunaan dari hak asasi manusia mereka bahwa pengamat telah membandingkan perdagangan manusia kontemporer dengan perdagangan budak. Wanita terutama juga mengalami risiko kesehatan tertentu yang terkait, termasuk paparan terhadap HIV / AIDS. Secara lebih umum, orang yang masuk atau tetap di suatu negara tanpa izin seringkali beresiko dieksploitasi oleh majikan dan tuan. Dan karena ketidakteraturan mereka, para migran biasanya tidak dapat melakukan memanfaatkan sepenuhnya keterampilan dan pengalaman mereka begitu mereka telah sampai di negara tujuan.
Migran yang berstatus yang tidak teratur sering tidak mau mencari keadilan dari pemerintah karena mereka takut ditangkap dan dideportasi. Sebagai akibatnya, tidak selalu menggunakan layanan publik yang menjadi haknya, misalnya, layanan kesehatan darurat.
Di kebanyakan negara, mereka juga dilarang menggunakan berbagai layanan yang tersedia untuk warga negara dan para migran memiliki status legal.
Dalam situasi tersebut, sudah karena tekanan NGO, organisasi keagamaan, dan lembaga masyarakat sipil berkewajiban untuk memberikan bantuan para migran berstatus tidak teratur, pada waktu berkompromi mengenai legalitas mereka sendiri.

            Migrasi tidak resmi merupakan masalah yang sangat emosional, dan salah satu yang cendrung mempertentangkan pendapat. Mereka yang khawatir pengawasan perbatasan dan keamanan nasional seringkali ditentang oleh mereka yang tujuan utamanya yang menjadi perhatian adalah hak asasi para migran yang bersangkutan. Tantangan lainnya adalah untuk mendorong perdebatan yang Tujuannya mengenai penyebab dan akibat dari migrasi tidak teratur dan cara-cara yang mungkin paling efektif ditangani.
Perdagangan manusia dan penyelundupan migran
Penyelundupan migran dan perdagangan manusia mungkin bisa dikatakan bentuk dari sistem migrasi yang tidak teratur di duniana, tetapi kasus mereka akhir-akhir ini telah menarik perhatian, dan didalam bab ini akan dijelaskan secara rinci, dan diantaranya ada empat pertanyaan. Apa itu perdagangan manusia dan penyelundupan migran? Besar skala yang terjadi? Siapa saja yang terlibat? Dan konsekuensi bagi migran sendiri?
Meskipun beberapa konsep sering membingungkan, bahkan pebuat kebijakan dan para akademisi tidak dapat mengerti, namun ada perbedaan hukum antara perdagangan manusia dan penyelundupan migran . perdagangan manusia didefinisikan oleh Protokol PBB untuk Melarang, Menekan, dan Menghukum  Perdagangan Manusia (1999) sebagai:
Perekrutan, pengiriman, pemindahan, penyembunyian atau penerimaan orang, dengan cara ancaman, atau penggunaan kekerasan atau bentuk lainnya pemaksaan, penculikan, penipuan, penipuan, penyalahgunaan kekuasaan atau posisi kerentanan atau memberikan atau menerima pembayaran atau keuntungan untuk memperoleh persetujuan dari seseorang yang memiliki kendali atas orang lain, untuk tujuan eksploitasi.
Perdagangan perempuan bahkan anak-anak untuk diperkerjakan sebagai pelacur di dalam kasus perdagangan seks memang cukup menarik perhatian. Hal ini memang cukup sulit untuk diteliti, tetapi menurut penelitian oleh IOM bahwa alasan yg diberikan beberapa orag adalah bahwa perempuan muda atau anak-anak tersebut dijanjikan kesempatan untuk bekerja di luar negeri. Sebuah harga akan disepakati ketika perempuan tersebut akan membayar angsuran setelah dia mulai bekerja. Kemudian dia akan dibawa, biasanya secara ilegal ke negara tujuan, dimana dia menemukan bahwa dia dipaksa bekerja sebaai pelacur dan hampir semua pendapatannya di ambil oleh orang yang memperdagangkannya. Ada juga laporan yg menyebutkan bahwa para perempuan dan anak-anak diculik dari rumah mereka dan diangkut secara paksa.
Secara umum penyelundupan migran didefinisikan sebagai: bentuk pengadaan dalam upaya untuk mendapatkan keuangan secara langsung maupun tidak langsung yang masuk secara ilegal yang bukan Warga Negara  atau penduduk permanen. Berberda dengan perdangan manusia, penyelundupan migran sebagian besar dilakukan secara suka rela. Dan hal ini melibatkan migran profesional atau keluarga mereka, yang membayar penyelundup untuk memindahkan mereka ke negara tujuan ilegal. Setelah mereka tiba hubungan mereka dengan  penyelundup biasanya akan berakhir.
Pada kenyataannya batas-atas antara perdagangan manusia dan penyelundup menjadi kabur. Hal ini terjadi khususnya dimana migran tidak membayar penyelundup sebelum berimigrasi, yang berarti dinegara tujuan berhutang kepada penyelundup. Kemungkinan hal ini akan menimbulkan adanya tindak eksploitasi.
Lebih umum sama seperti migrasi yang tidak teratur dan hal itu sangat mustahil untuk menghitung secara akurat baik perdagangan manusia atau migran penyelundupan. Angka yang diberikan biasanya untuk orang-orang yang ditemukan dan yang mengakui telah diselundupkan atau di perdagangkan. Masalahnya adalah bahwa tidak ada yang tahu apa yang diperdagangkan dan prporsi orang yang pernah diselundupkan sebelumnya. Tampaknya hal ini masuk akal bahwa pihak berwenang tidak mengetahuinya.
Departemen Luar Negeri AS tidak mempublikasikan periraan tahunan jumlah manusia yang diperdagangkan. Menurut data yang ada, antara 600.000 sampai 800.000 perempuan, anak-anak, dan laki-laki diperdagangkan pada tahun 2004. Satu titik yang cukup mencolok adalah tentang statistik yang diterbitkan adalah bahwa mereka menunjukkan bahwa perdagangan manusia terjadi diseluruh wilayah di dunia. Hal ini Diperkirakan bahwa sekitar dua-pertiga dari korban diperdagangkan di Asia (260,000-280,000) dan Eropa (170,000-210,000).
Beberapa penelitian yang dilakukan oleh beberapa peneliti yang terlibat didalam Migrasi Unit di University College London mencoba untuk memperkirakan secara global biaya untuk penyelundupan migran. Laporan yang masuk sekitar 600 sumber-sumber biaya yang dibebankan kepada migran.
Tabel 5.1 Biaya rata-rata penyelundupan Migran
Rute
(US$)
Asia-Amerika
26.041
Eropa-Asia
16.462
Asia-Australasia
14.011
Asia-Asia
12.240
Asia-Eropa
9374
Eropa-Australia
7.400
Afrika-Eropa
6533
Eropa-Amerika
6389
Amerika-Eropa
4528
Amerika-Amerika
2984
Eropa-Eropa
2708
Afrika-Amerika
2.200     
Afrika-Australia
1951 
Afrika-Afrika
203

Untuk tujuan diskusi, disini ada tigal yang dapat dilihat dari data tabel diatas.  Salah satunya adalah untuk menekankan betapa penyelundup dan pedagang banyak mengambil keuntungan. Biaya rata-rat dilaporkan untuk perjalanan dari Asia ke Amerika sekitar US $ 26.000. salah satu implikasi adalah seorang penyelundup mampu membayar begitu mahal untuk bisa emperdagangkan manusia. US $ 26.000 adalah jumlah yang sangat besar uang di negara seperti Pakistan, misalnya, dari mana banyak insiden migrasi antara Asia dan Amerika dilaporkan berasal.
Pengamatan kedua adalah berbagai macam biaya yang terlibat. Pada bawah akhir skala, biaya untuk diselundupkan melintasi perbatasan di Afrika adalah serendah US $ 203, meskipun bahkan ini bisa menjadi jumlah yang signifikan mengingat tingkat pendapatan di negara-negara dijelaskan dalam Bab 3. Dalam beberapa kasus dilaporkan, pembayaran untuk penyelundupan antara negara-negara Afrika dibuat tidak secara tunai, tetapi, misalnya, dengan karung beras dan barang lainnya. Sebuah pesan terakhir untuk mengambil dari tabel lagi bahwa penyelundupan adalah sebuah fenomena global, bukan hanya proses dari 'Selatan' ke 'Utara'.
Dengan melihat laporan tentang biaya penyelundupan migran beberapa periode, hasil dari penelitian ini juga mencoba untuk melihat apakah biaya meningkat naik atau turun. Meskipun ada variasi anatara rute utama, kesan keseluruhan adalah bahwa biaya menurun secara bertahap. Hal ini akan tampak karena meningkatnya persaingan dalam bisnis penyelundupan.
Aspek akhir dari penelitian tentang biaya ini adalah untuk mencoba memahami apa penentu utama biaya. Para peneliti mengidentifikasi tiga penentu utama. Salah satunya dalah jarak yang ditempuh sangat kurang. Yang kedua adalah mode transportasi, menggunakan jalur udara jauh lebih mahal dibandingkan memalui darat. Penentu utama yang ketiga adalah jumlah orang yang bepergian semakin banyak.
Berdasarkan definisi, perdagangan manusia memiliki konsekuensi negatif bagi orang yang terlibat. Perdagangan manusia mengeksploitasi dengan kejam para migran. Korban perdagangan manusia tidak bebas untuk menentukan kegiatan di mana mereka terlibat. Mereka sering dipaksa bekerja dibayar rendah, tidak aman, dan merendahkan martabat mereka mungkin merasa tidak ada kemungkinan untuk meloloskan diri. Sementara perhatian yang mendalam akhir-akhir ini tujukan kepada perdagangan perempuan, penting untuk diingat bahwa fenomena ini juga mempengaruhi laki-laki dan anak-anak. Anak-anak migran dengan status migrasi tidak teratur yang terpisah dari orangtua mereka adalah kelompok yang rentan, dan mungkin akan diperdagangkan ke industri seks.
Tetapi sama penting untuk tidak mengabaikan konsekuensi  negatif dari penyelundupan migran bagi mereka yang terlibat. Sebagaimana telah dilihat, penyelundup dapat mengenakan ribuan dolar untuk mengangkut mereka dari satu tempat ke tempat lain. Penyelundup tidak selalu menginformasikan para migran terlebih dahulu dimana mereka akan dibawa. Sarana transportasi yang digunakan oleh penyelundup migran sering tidak aman, Keselamatan migrant tidak terjamin, bahkan mereka juga ditinggalkan oleh para penyelundup dan banyak dari mereka tenggelam dilaut, dicekik bahkan diperkosa.
Penyelundupan migran sebagai sebuah bisnis
Pada tahun 2004 saya mewawancarai penyelundup migran di Afghanistan dan Pakistan. Mereka menyatakan bahwa dari waktu ke waktu tidak hanya jumlah mereka yang berubah tapi juga cara kerja dan pembayarannya. Sepuuh tahun yang lalu mereka masih melakukan pembayaran penuh dimuka yang rentan dari penipuan tapi sekarang merekaudh berfikir lebih baik dan hanya membayaruang muka saja dan sisanya dibayar setelah sampai Negara tujuan. Ternyata pembayaran uang muka saja juga tidak efektif sebab setelah sampai dinegara tujuan mereka tidak tahu mau membayarkan uangnya sama siapa, akhirnyapembayaran penuh di muka dicetus lagi tapi dengan perantara pihak ketiga…

Pengalaman Suleiman yang diwawancarai di Kabul pada tahun 2003

Waktu Pertama kali diselundupkan ke luar negeri, saya terbang ke Dushanbe kemudian terus ke Moskow. Tahap pertama baik-baik saja - saya naik pesawat di Karachi dengan paspor palsu Pakistan  dan itu tanpa masalah. Agen yang menemani saya ke bandara mengatakan kepada saya bahwa di bandara Dushanbe saya akan ditemui oleh agen lain, bernama Nafi., Namun, Ketika saya tiba di Dushanbe saya ditangkap, Begitu saya turun dari pesawat. Saya dipenjara karena dianggap migran illegal , saya dipukuli secara teratur, dan diancam dengan penyiksaan.
Hanya satu malam saya dipenjara setelah itu saya dibawa lagi ke bandara Dushanbe, rupanya Nafi telah menunggu, dan dia menceritakan kalauada kesalahan identitas atas penangkapannya yang dilakukan oleh agen perjalanan
Keselamatan migrant gelap ini tidak terjamin, transportasi yang digunakan sring tidak aman, bahkan mereka juga ditinggalkan oleh para penyelundup dan banyak dari mereka tenggelam dilaut, dicekik bahkan diperkosa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar